jump to navigation

Hobi baru : pelihara ikan mas koki….. Thursday, August 25, 2011

Posted by F_Ribery in lain-lain.
Tags: , ,
trackback

Mas bro sekalian, beberapa hari ini saya mempunyai hobi baru yaitu memelihara ikan mas koki di akuarium. Ide memeliha ikan ini datang setelah saya melihat satpam membeli ikan hias pada tukang ikan hias yang kebetulan lewat depan kantor. Hal ini mengingatkan saya pada hobi masa kecil yang memelihara ikan mas di kolam.

Kenapa memelihara ikan hias? Karena menurut pendapat saya pribadi memelihara ikan hias merupakan kegiatan yang menyenangkan dan memerlukan modal yang tidak terlalu banyak a.k.a murah meriah. he.he… 🙂  Ikan yang saya pilih adalah ikan mas koki.Harga perekornya cukup murah dari 5 ribu-15ribu per ekor, tergantung ukurannya. Pakannya pun murah cuma 4 ribu bisa sampai berminggu-minggu.

Pada permulaan memelihara ikan ini, air akuarium cepat sekali kotor dan harus sering dikuras (maklum masih pemula). Karena airnya kotor, disirip ikan terdapat banyak parasit yang suka menghisap darah ikan mas koki hingga badannya menjadi kurus. Cara instant untuk menghilangkan parasit ini adalah dengan menggunakan pinset atau gunting kuku. Tapi harus hati-hati dan membutuhkan ketelitian tingkat tinggi 🙂 jangan sampai terkena sirip ikannya.

Gambar parasitnya kurang lebih seperti ini, gambar nyomot dari kaskus

Manfaat memelihara ikan ini ternyata banyak loh…., selain bisa mengurangi stres dengan melihat aneka warna dan gerakannnya yang lucu, ternyata menurut fengshui bisa mendatangkan hoki bagi tuannya (kalau ini saya tidak percaya, musrik kata pak haji 🙂  ). Selain itu menurut pendapat satpam saya, memelihara ikan ini bisa mencegah kita kehilangan uang. Terutama dari mahluk gaib bernama ‘ tuyul” . Loh bagaimana bisa? Tuyul tersebut konon katanya, akan lupa tugasnya mencuri uang, malah mainan ikan dulu….hihiiiiii….Ada-ada saja. Apapun tujuan dari memelihara ikan mas koki, yang jelas bagi saya adalah untuk menghilangkan stress dan mengajarkan anak kita untuk sayang kepada binatang.

Advertisements

Comments»

1. sonny - Tuesday, December 6, 2011

wah baru tau ternyata ada juga yang menghisap darah ikan, gw pikir cuman kutu di hewan peliharaan doank…nice info bro

salam 🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: