jump to navigation

Tips dalam membeli modem internet… Sunday, March 20, 2011

Posted by F_Ribery in lain-lain.
Tags: , , , , , , , ,
trackback

Jangan terpengaruh promo, apalagi sama mba-mba SPG yang cuantik bener dengan rayuan mautnya. Apalagi masih jomblo, wah bisa kena jebakannya deh…:)

Teliti terlebih dahulu jika ingin membeli modem internet. Jangan sampai menyesal dikemudian hari. Modem tidak bisa digunakan karena jaringat yang lelet. Kan sayang tak terpakai..

Saat ini di Indonesia baru tersedia 2 jenis koneksi internet bergerak, yaitu GSM dan CDMA. Untuk GSM saat ini ada operator yang sudah mampu menggelar layanan kecepatan internet hingga 7,2 Mpbs . Teknologi tersebut disebut HSPA (High Speed Packet Access). Tapi umumnya operator di Indonesia menggelar layanan kecepatan sampai dengan 3,6 Mpbs atau dikenal dengan HSDPA(High Speed Downlink Packet Access atau 3,5 G). Ada juga yang menggelar layanan internet  UMTS(Universal Mobile Telecommunication Systems/3G). Untuk lebih jelasnya liat tabel di bawah ini : CMIIW…..

Kecepatan Maksimal
GSM (2G) Up to 56 Kpbs
GPRS (2,5G) 56kbps sampai 115kbps.
EDGE (2,75G) Up to 384kbps
UMTS (3G) Up to 480kbps.
HSPDA (3,5 G) Up to 3,6 Mbps bahkan ada yg sampai 7,2 Mbps
Wimax(4G) Up to……?

Untuk yang CDMA kecepatan yang digelar maksimum pada 3,1 Mbps (EVDO rev A). Kemudian dibawahnya ada EVDO rev 0 yang mampu menggeber kecepatan up to 2,4 Mpbs, kemudian disusul yang paling buncit CDMA 1X yang hanya mampu menggeber kecepatan up to 153 kpbs.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membeli modem :

  • Kualitas modem, meliputi kekuatan dalam menerima sinyal, adanya cd driver untuk penginstalan di komputer OS Windows XP, Vista maupun 7.
  • Garansi, umumnya garansi modem selama 1 tahun.
  • Kecepatan modem, cari modem yang mempunyai daya koneksi internet tinggi. Misalnya untuk modem GSM dicari modem yg mampu memiliki kecepatan up to 7,2 Mbps. Umumnya jika tak tersedia jaringan koneksi internet yang tinggi, modem akan menyesuaikan dengan kecepatan yang tersedia. Misal untuk modem 3,5 G dapat menyesuaikan/menurunkan kecepatannya ke 3G ataupun ke EDGE.
  • Pilih modem yang penginstalannya mudah, kalau bisa jangan yang terlock oleh salah satu operator provider. Agar kita bisa berpindah operator jika layanan operator provider mengecewakan.

Untuk memilih operator provider, kita bisa memilih yang berbasis CDMA atau GSM. Paket yang tersedia bisa prabayar maupun pasca bayar. Ada yang unlimited maupun regular. Bagi pengguna yang menginginkan layanan internet sepuasnya bisa menggunakan paket unlimited. Biasanya setelah quota habis, kecepatan internet akan diturunkan. Bagi yang menginginkan layanan internet cepat, dapat menggunakan paket regular. Tergantung kebutuhan Anda…… 🙂

Advertisements

Comments»

1. agus priyono - Sunday, March 20, 2011

Jakarta, smart or aha bagus

F_Ribery - Monday, March 21, 2011

gus pinjem aha/smartnya dong….wkkwkwkk 🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: