jump to navigation

Butuh uang tunai cepat, kredit KCA solusinya… Monday, January 25, 2010

Posted by F_Ribery in Produk.
Tags: ,
trackback

KCA (Kredit Gadai Cepat dan Aman )

Adalah kredit dengan sistem gadai, yang diberikan kepada semua golongan nasabah, baik untuk kebutuhan konsumtif maupun untuk kebutuhan produktif.

  • Prosedur pengajuannya sederhana, mudah dan cepat. Calon nasabah atau debitur dapat mengajukan permohonan  kredit KCA pada Kantor Cabang/ Unit Pelayanan Cabang (UPC) diseluruh Indonesia.
  • Pegadaian menyediakan fasilitas kredit KCA dengan plafon pinjaman yang bervariasi mulai dari Rp. 20.000,- sampi Rp. 200 juta atau lebih.
  • Jaminan berupa barang bergerak seperti emas dan berlian (perhiasan).
  • Jangka waktu pinjaman maksimum 4 bulan atau 120 hari dan dapat diperpanjang dengan cara membayar sewa modal saja atau mengangsur sebagian uang pinjaman.
  • Pelunasan dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan perhitungan sewa modal selama masa pinjaman.
  • Tanpa buka rekening.

PERSYARATAN

  • Fotokopi KTP atau kartu identitas resmi lainnya.
  • Menyerahkan barang jaminan.
  • Menandatangani Surat Bukti Kredit

PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT

  • Nasabah mengisi Formulir Permintaan Kredit.
  • Nasabah menyerahkan persyaratan kredit.
  • Petugas Pegadaian memeriksa dan menguji persyaratan kredit, serta agunannya.
  • Nasabah dan Petugas Pegadaian menandatangani Surat Bukti Kredit (SBK)
  • Nasabah menerima ung pinjaman.

Tabel Tarif Sewa Modal

Golongan Uang Pinjaman (Rp.) Tarif per 15 hari (%) Tarif maksimal 120 hari (%)
A 20.000      s.d      150.000 0,75 6
B 151.000   s.d      500.000 1,2 9,6
C 505.000  s.d 20.000.000 1,3 10,4
D 20.500.000 keatas 1 8

Contoh perhitungan tarif sewa modal (bunga) :

  • Misalkan pada tanggal 1 Juni 2009 nasabah menggadai dengan uang pinjaman sebesar           Rp 500.000,-. Pada tanggal 28 Juni 2009 nasabah menebus barang jaminannya. Berapa uang yang harus dibayar oleh nasabah ?

Perhitungan :

Lamanya hari : 1 Juni – 28 Juni = 28 hari

28 hari =>  masuk hari 16 s.d. 30 hari (1 bulan)

Tarif 2 X 1,2 % = 2,4 %

Besarnya Sewa modal (bunga) :                  Rp. 500.000,- X 2,4 %    = Rp. 12.000,-

Jadi besarnya yang harus dibayar = Rp. 500.000 + Rp. 12.000  = Rp. 512.000,-

  • Misalkan pada tanggal 1 Juni 2009 nasabah menggadai dengan uang pinjaman sebesar Rp. 150.000. Pada tanggal 28 September 2009 nasabah datang untuk memperpanjang masa kredit (Ulang Gadai ). Berapa nominal yang harus dibayar ?

Perhitungan :

Lamanya Hari : 1 Juni s.d. 28 September 2009

Juni            : 30  hari

Juli             : 31  hari

Agustus     : 31  hari

September : 28  hari

Jumlah       : 120 hari

Tarif 6 % (maksimal)

Besarnya bunga : Rp. 150.000 X 6%= Rp    9.000,-

Administrasi : 0,8 % X Rp.150.000  = Rp.   1.200,-

Besarnya uang yang harus dibayar   = Rp.  10.200,-

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kantor Pegadaian terdekat…..atau yang mau tanya-tanya silahkan kirim pertannyaan di blog ini…

Advertisements

Comments»

1. dee - Thursday, July 15, 2010

oo jd mekanisme prosedur pengajuan pinjaman kredit KCA sprti itu.. oya mas biasanya masalah apa aja yang terjadi dalam pengajuan pinjaman kredit KCA??? dan solusi pemecahan dari masalah tersebut apa??? makaci

F_Ribery - Thursday, July 15, 2010

misalnya : alamat tinggal di KTP beda dgn tempat tinggal sekarang karena baru pindah, dll
solusinya : tetap melampirkan foto kopi ktp lama dan nasabah diharuskan menuliskan alamat tinggal sekarang (Untuk keperluan surat menyurat, dll) dan segera memberi fotokopi ktp baru jika sudah jadi..
rata2 tidak ada masalah dalam pengajuan pinjaman kredit KCA.. 🙂

2. Mujahid Muda - Monday, July 19, 2010

tarif maksimal dari masing2 gol itu perhitungannya gmn, apa memang sudah dari sananya?

F_Ribery - Tuesday, July 20, 2010

@ mujahid muda : tarif maksimal dari masing2 golongan (4 bulan)
golongan A = 6 %, B = 9.6 % C = 10.4 % , D = 8 %
untuk menghitung besarnya tarif sewa modal (bunga) yaitu mengalikan persen tarif dengan uang pinjaman.
Ketentuan tersebut merupakan aturan dari dulu (sudah lama sekali) 🙂

3. fin - Wednesday, January 12, 2011

mau tanya, kalau mau gadaikan sepeda motor, tapi masih ada kreditnya 4 bulan lagi, bisa gak…???
saya perlu nya 6jt an, kira2 berapa ya jangka waktu yg diberikan,dan cicilannya gimana..??
apakah bisa sama seperti bank yg bisa pake jangka 3 tahun…??

Thans

F_Ribery - Thursday, January 13, 2011

motor yg masih kredit tidak bisa digadai, karena bpkb nya masih di leasing. syarat menggadai : kendaraan+surat2nya (bpkb,stnk,faktur) 🙂

4. xxx - Thursday, June 23, 2011

bs bantu itung ga boss?
sy rencana pinjem 10 juta 2 tahun.
berapa yg saya keluarkan perbulan? tlg rincian biaya2x yg ada jika ada.
makasih sebelumnya

5. fahrialdonioni - Sunday, October 23, 2011

kalo bpkb doang bisa ga??pake kredit kca??

F_Ribery - Tuesday, October 25, 2011

klo bpkb saja silahkan ajukan kredit kreasi,,,salah satu syaratnya mempunyai usaha..

6. Kokom - Friday, June 29, 2012

Utk pinjaman sekitar 30 Juta bisa jaminan pake motor mas? perode pinjamannya hanya smpai 4 bulan saja ya? Bisa tahunan ga?

7. rio - Sunday, December 30, 2012

mas mau tanya,untuk hari ini pegadaian cabang depok buka gak ya.soal nya saya butuh dana cepat?

8. haiqez - Wednesday, January 2, 2013

mohon infonya dong…sy perlu dana 100jt utk jangka wkt 4 bln nih…sy tinggal di Bandung,,,kira2 daerah mana sy bisa mengajukan kredit KCA ? Apa prosesnya tidak serumit spti di Bank pada umumnya.

F_Ribery - Thursday, January 3, 2013

Silahkan hubungi kantor cabang/unit Pegadaian terdekat,.

9. Kredit Jaminan BPKB Motor di Bandung - Thursday, October 3, 2013

continuously i used to read smaller content which as well clear their motive, and that is also
happening with this post which I am reading here.

10. risha - Thursday, August 21, 2014

perhitungan plafond gadai emas d hitung berdasarkan apa..??

11. diana - Sunday, January 4, 2015

Saya berencana untuk melakukan pinjaman 5 jt, yaa jangka waktu sekitar sebulanan. Itu kira2 barang yg bisa digadaikan itu apa aja ya?

F_Ribery - Monday, January 5, 2015

perhiasan emas, logam mulia. kendaraan bermotor juga bisa mba (usia kendaraan max 5 thn)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: