jump to navigation

Kekuatan Hukum dan Politik Thursday, January 29, 2009

Posted by F_Ribery in bisnis internasional.
trackback

Kekuatan Hukum

Kekuatan hukum yang dihadapi bisnis Internasional sangat rumit karena bisnis dipengaruhi oleh berbagai undang-undang dan peraturan yang dibuat oleh negara bagian/ daerah, negara maupun organisasi internasional.

Pemerintah yang stabil dan adanya sistim pengadilan yang baik diperlukan untuk menjamin lingkungan kondusif bagi pelaku bisnis

Sumber Hukum Internasional

Treaties (Perjanjian) bilateral dan multilateral.

Treaties :perjanjian antar negara ;disebut juga conventions,convenant,compact atau protocols

Bentuk hukum internasional

Hukum internasional publik: hubungan hukum antar pemerintah,termasuk hubungan diplomatik, dan segala hal yang berkaitan dengan hak dan kewajiban suatu negara berdaulat

Hukum internasional privat/swasta:hukum transaksi antar individu dan perusahaan yang melalui batas Negara

Kekayaan intelektual : semua hasil dari penerapan intelektual seseorang

Paten adalah suatu hak yang diberikan oleh pemerintah kepada penemu suatu produk atau proses untuk membuat, mengexploitasi, menggunakan dan menjual penemuan atau proses tersebut .

Nama dagang adalah rancangan dan nama suatu produk yang digunakan oleh para pedagang atau pabrikan dan biasanya terdaftar secara resmi.

Hak cipta ialah hak yang sah yang diberikan kepada penulis,komposer, pencipta perangkat lunak, artis dan penerbit untuk mempublikasikan dan menjual karya mereka.

Rahasia dagang ialah informasi tentang bisnis yang dirahasiakan.

Spionase industri: usaha sebuah perusahaan untuk mencuri rahasia dagang perusahaan lain. Hal ini adalah suatu tindakan pidana yang dapat dihukum berbagai negara dengan denda atau kurungan.

Kekayaan Intelektual

lWIPO (World Intelectual Property Organization) adalah salah satu badan PBB yang mengatur perjanjian kekayaan internasional.

l TRIPS ( trade related aspects of intellectual property) yaitu badan WTO yang diciptakan dengan tujuan sama.

Common Law:
disusun di Inggris,

– dibuat berdasarkan kasus yang muncul
– lebih flexible
– Hakim dapat menginterpretasikan hukum

Civil Law:

-berasal dari benua Eropa

-dibuat oleh raja/pengeran/para anggota legislatif

– lebih kaku dalam penerapan

Perbedaan Common Law Inggris dan Amerika

Di Inggris ada perbedaan profesi barristers dan solicitors.Di AS ,lawyer cukup untuk mewakili client dlm mslh legal dan di pengadilan.

Inggris tdk memanggil juri untuk masalah sipil.hanya pada masalah khusus dan kriminal

Cara pembayaran pangacara,di Inggris per jam.di AS per jam dan persentase tuntutan

Di Inggris, pihak yang kalah harus membiayai pengacara pihak yg menang

Pretrial discovery: di AS diperbolehkan,di Inggris tidak selalu.

Standarisasi Hukum Internasional

The UN Convention on the International Sale of Goods (sales agreement)

ISO (International Standardization Organization) ;standarisasi bidang tekhnologi

IEC (International Electrotechnical Commission) mempromosikan standarisasi pengukuran,bahan dan peralatan untuk produk yang berkaitan dengan tekhnologi elektro .

Kekuatan hukum pada suatu negara tertentu

PERPAJAKAN

Tujuan utama pajak tertentu tidak harus meningkatkan pendapatan negara tetapi untuk meredistribusikan pendapatan , menghimbau masyarakat untuk mengurangi atau tidak mengkonsumsi produk tertertentu dan mendorong masyarakat agar lebih banyak mengkonsumsi produk dalam negeri daripada produk luar negri.

Jumlah pajak yang dibayarkan disesuaikan besarnya dengan penghasilan pembayar pajak serta memperhatikan reprositas berdasarkan perjanjian perpajakan atau tax treaty yang berlaku khususnya bagi wn asing. Tujuan tsb untuk memberi tekanan politik dan ekonomi pada pejabat pemerintah yang bertanggung jawab atas pembuatan peraturan pajak dan pemungutannya.

Beberapa perbedaan pendekatan pajak suatu negara

Tarif pajak : bervariasi dari tax havens sampai 70%.

Macam/Jenis Pajak: pajak pendapatan perseorangan atau perusahaan laba modal, pajak pertambahan nilai, unitary tax system (sistim perpajakan berdasarkan satuan atau kelompok dan dibagi secara proporsional serta water edge/ arms length’: keuntungan yang dikenakan pajak untuk sebuah cabang dihitung seolah-olah menjalankan perusahaannya sendiri.dll (hingga 300 macam!)

Insentif pajak: pajak investasi daerah tertentu, kredit pajak luar negeri ( WN AS yang berpenghasilan dari LN dapat mengkreditkan pajak penghasilannya di AS.)

Waktu pembayaran, pajak perusahaan dll

Perbedaan2 lainnya:

Konvensi atau perjanjian pajak: ditandatangani oleh beberapa negara yang terikat. Perjanjian ini biasanya berisi pengaturan kegiatan yang terkena pajak, jumlah yang harus dibayar warganegaranya, ketentuan saling bertukar informasi antara pejabat perpajakan.

Pengaturan Pelaksanaan perdagangan restriktif dan anti trust.

Wajib pajak ( bisnis int) berhadapan dengan kolektor pajak. Undang-undang anti trust Amerika (mencegah penetapan harga, pembagian pasar dan monopoli bisnis) sangat kuat dibanding dengan Eropa

External application of law: pemberlakuan hukum diluar wilayah negara terhadap orang asing/perusahaan asing.Tetapi hal ini sering di protes ,karena dianggap melanggar yurisdiksi dan kedaulatan wrganegara yang dituntut atau tempat perusahaan tsb berdomisili.

Perbedaan2 hukum lainnya (lanjutan)

Tarif, kuota dan hambatan perdagangan lainnya (misalnya proteksi, hak paten): dimaksudkan untuk meningkatkan pendapatan negara dan melindungi produsen dalam negeri dan menyelamatkan pekerja dalam negeri.

Perjanjian atau konvensi pajak antar negara dapat mempengaruhi keputusan investasi dan penentuan lokasi.

Pertanggungjawaban atas produk: perdata atau pidana mulai merebak di 1960 sampai sekarang .:hingga premi asuransi untuk pertanggungjawaban atau jaminan produk mengalami lonjakan.

Tetapi di Uni Eropa memperbolehkan adanya pembelaan state of the art atau development risks yang memperkenankan desainer atau pabrikan membuktikan bahwa pada waktu mendesain atau memproduksi telah digunakan teknologi yang paling mutakhir.

Punitive damage/ hukuman ganti rugi: memberikan hukuman kepada tergugat .

Perbedaan Hukum2 (lanjutan)

Pengawasan jual beli mata uang

Perlunya mengenal hukum di negara tempat berbisnis agar tak sampai terjadi kekeliruan sepele yang berdampak besar bagi wisatawan asing maupun perusahaan asing. (contoh tdk bawa kartu pengenal, membawa narkotik,menginjak mata uang,barang berbau pornografi,dll).

Kontrak bisnis perlu di buat agar segala sesuatu telah tertuang dalam bentuk tertulis dan dapat menjadi acuan apabila terjadi perselisihan

Pihak2 yang menandatangani kontrak tinggal di suatu negara, maka sebagai dasar hukum untuk kontrak tersebut termasuk penyelesaian masalah yang timbul, digunakan hukum yang berlaku di negara tsb. Bila penandatangan kontrak tinggal di negara berbeda, maka penyeleaian masalah yang timbul dapat berdasarkan kesepakatan kedua pihak mengenai hukum negara mana yang digunakan .

misal mengacu pada solusi Eropa ,pada UN convention on contracts for the international sales of goods. badan arbitrase internasional yang berkedudukan di Paris; London dan Newyork (serta menyusul Hongkong) atau menggunakan jasa International Court of Arbitration of the International Chamber of Commerce karena percaya menggunakan pengadilan luar negeri,Lebih cepat prosedurnya serta tidak terlalu formal,Dapat menjaga rahasia karena dapat menghindari publikasi yang tidak diinginkan sehingga menjadi kasus peraturan yang terbuka.

Kekuatan Politik

Kekuatan Ideologi-ideologi

Nasionalisme,terorisme,

Kekerasan tradisional,

Pemerintah yang tidak stabil

Organisasi Internasional

BUMN

Perusahaan internasional yang besar sendiri dapat merupakan kekuatan politik karena sudah dapat mengatur atau ikut serta dalam mengambil keputusan mengeluarkan anggaran, atau menjual jasa/produknya terutama kepada negara yang mempunyai asset atau fasilitas besar yang dapat digunakan untuk bernegosiasi.

Beberapa ideology yang dianut negara-negara didunia

a. Kapitalisme

Sistem ekonomi dimana alat produksi dan distribusi sebagian besar dimiliki dan dioperasikan oleh swasta untuk keuntungan pribadi. Pemerintah kapitalis hanya membatasi fungsinya dengan menangani fungsi yang tidak dapat ditangani oleh swasta spt pertahanan nasional, polisi, pemadam kebakaran, dan pelayanan umum lainnya.

Perlu persetujuan pemerintah untuk kegiatan profesi2 dan negara bagian atau pem lokal mengatur izin usaha dan berbagai larangan mengenai bangunan dan wilayah.

b. Komunisme

Komunisme yang dicetuskan Karl Marx adalah teori perubahan social yang diarahkan kepada cita-cita masyarakat tanpa kelas. Komunis yang dikembangkan oleh Lenin melibatkan penguasaan kekuatan melalui partai politik, konspirasi., memelihara kekuatan dengan menekan oposisi internal dan komitmen menuju negara komunis dunia.

Pengambilalihan atau expropriation kepada kepemilikan asing sering dilakukan dengan tidak memberi kompensasi secara penuh atau tidak sama sekali (disita).

Dalam doktrin komunis, semua factor produksi utama dikuasai oleh negara walaupun ada pengecualian. Semua produksi , serikat kerja dikendalikan oleh pemerintah.

Dewasa ini komunis telah hancur, akibat sistim yang terlalu menekankan pada pemerintah atau militer dan mengabaikan kepentingan konsumsi rakyat banyak.

c. Sosialisme

Paham sosialis menganjurkan kepemilikan atau pengawasan pemerintah produksi, distribusi dan pertukaran yang pokok. Keuntungan bukan merupakan tujuan utama.

Contoh di Inggris, Perancis, Spanyol, Yunani, Jerman. Negara yang kurang maju menjalankan faham sosialisme karena umumnya kekurangan modal, teknologi, keahlian, manajemen dan buruh.

d. Konservatif

Keinginan untuk meminimalkan kegiatan pemerintah dan memaksimalkan kepemilikan swasta dan bisnis sayap kanan posisi konservatif yang lebih extrim.

Tetapi ada hal yang berkaitan dengan moral seperti anti aborsi disebut sebagai kelompok konservatif. Ada pula di bekas negara komunis yang menghalangi perubahan pada bentuk pemerintah dan pasar disebut kaum konservatif (ingin mempertahankan status quo).

e. Liberal

Keinginan seseorang atau sekolompok orang atas pemerintah untuk lebih banyak terlibat dalam sebagian besar aspek kegiatan manusia (ekonomi, kepemilikan dan pengaturan usaha.)

Sayap kanan dan sayap kiri adalah bentuk lebih extrim dari liberal. Tetapi relatif berubah tergantung siapa yang memerintah negara tersebut. Dan biasanya oposisinya akan disebut berbeda.

BUMN

Tidak hanya di negara yang menganut aliran komunis/sosialis

Alasan perusahaan dinasionalisasi

a. sbg sumber penghasilan

b. perpanjangan tangan pemerintah

c. alasan ideologis

d. menjamin ketersediaan lapangan kerja

e. krn dana yang sdh ditanamkan

f. kejadian tertentu:mis berakhirnya perang

Privatisasi

Transfer aset umum menjadi pemilikan /sektor swasta , transfer aktivitas manajemen ke swasta melalui kontrak dan leasing/sewa beli

Swasta vs Pemerintah

Pemerintah dan swasta seringkali bersaing yang dimenangkan oleh pemerintah karena:

perusahaan milik negara dapat menurunkan harga secara tidak wajar karena tidak berorientasi ke laba

BUMN memperoleh dana/modal murah.

BUMN memperoleh kontrak kerja dari pemerintah

BUMN memperoleh kemudahan ekspor

BUMN mendapat bantuan tenaga dari pemerintah sehingga mengurangi biaya upah.

Nasionalisme
Pengabdian kepada bangsa, aspirasi atau kepentingan bangsa atau kepentingan politik dan ekonomi serta tradisi sosial dan budaya sendiri.

Rasa nasionalisme yang terlalu besar pada suatu negara dapat mempengaruhi perusahaan internasional:

Permintaan lokal thd produk perakitan/ Fabrikasi sangat minim.

Perlindungan industri lokal tertentu

Pemerintah lebih suka memakai jasa pemasok lokal

Pembatasan jumlah tenaga asing

Proteksi : tarif, kuota

Mengusahakan solusi perancis (mencari perush Perancis untuk mengambil alih perush perancis

Pengambilalihan/penyitaan.

Terorisme.
Terorisme adalah tindakan kekerasan melawan hukum yang dikaitkan alasan tertentu termasuk menggulingkan pemerintah, menuntut pembebasan rekan yang dipenjara, pembalasan kesalahan nyata dan khayalan, dan menghukum orang-orang yang tidak menganut agama teroris tsb.

Iran,Korut (nuklir versi AS),IRA (Irish Republican Army),Basque,Japanese Red Army,dll

Berbagai bentuk terorisme: Ethnoterorism,nuclear terrorism,chemical/biological terrorism,islamic fundamental terrorism

Stabilitas pemerintah

Pemerintah stabil apabila ia dapat mempertahankan kekuasaannya sendiri dan jika kebijaksanaan fiskal, moneter, dan politik dapat diramalkan, dan tidak terkena perubahan radikal. Sedangkan instabilitas adalah adanya perubahan kebijaksanaan yang tidak dapat diprediksi dan tiba-tiba.

Kesinambungan kebijaksanaan dan stabilitas pemerintah:

Bisnis akan sulit berkembang bila selalu terjadi perubahan pemerintah maupun peraturan yang berlaku. Stabilitas pemerintah dapat dilakukan dengan dua pendekatan:

Memelihara kemampuan untuk tetap memerintah

Membuat kebijaksanaan yang stabil dan permanen.

Kekerasan Tradisional

Pertentangan yang sudah menahun/kronis diantara suku,ras,agama,ideologi atau negara2.

Contoh Arab-israel

o Pertentangan suku Hutus dan Tutsi di Rwanda (1994) dan Burundi (1990)

o Tamil-Sinhala di Srilangka

o Di bekas Yugoslavia: Kroasia, Serbia, Bosnia

Organisasi Internasional
PBB : UNCTAD,
IMF
GATT/WTO,OPEC
OECD


MNC

Karena besarnya modal yang dimiliki,seringkali ‘mengatur” negara tempat menanamkan modal maupun mempengaruhi ekonomi regional/dunia.

Country Risk Assessment (CRA)

Memahami pengkajian resiko bisnis disuatu negara (CRA) bagi kepentingan bisnis Internasional terutama yang menyangkut uang,ekonomi dan tekhnologi .CRA meliputi situasi dan kebijaksanaan ekonomi dan politik suatu negara juga kondisi perburuhan .

Hal yang perlu diperhatikan dalam menganalisa CRA:

1. Negara berkembang sangat sensitive berkaitan hal dari luar yang mengejutkan.mis perang, terorisme

2. Krisis utang pemerintah menunjukkan kebijaksanaan ekonomi negara penerima dapat berakibat kurang mampunya pembayaran hutang (b dan c perlu dilihat stabilitas ekonomi).

3. Perubahan ekonomi yang stabil merupakan syarat utama bagi negara berhutang agar dapat membayar dan mengurangi beban hutang.

4. Stabilitas social : pemulihan masalah secara sepotong –sepotong memerlukan biaya tinggi.(mis perburuhan, nasionalisme, kesukuan)

5. Melihat dampak globalisasi karena guncangan ekonomi.

Selain mengakses CRA, perlu diperhatikan

sifat bisnis/ tipe industri

janka waktu investasi, pinjaman atau hal lainnya.

Tipe operasi

Tingkat persaingan

Tingkat tekhnologi

Tingkat persaingan

Bentuk kepemilikan

Kewarganegaraan menajemennya

Advertisements

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: